Rabu, 01 Oktober 2014

Adventure Based Counseling (catatan perkuliahan)


Konseling bukan hanya berupa kegiatan dalam ruangan yang melibatkan satu klien dan satu konselor. Konseling memiliki kegiatan beragam yang jika mampu dikelola dan dilaksanakan dengan baik oleh konselor  akan memberikan banyak sumbangan positive bagi terentaskannya masalah dan membaiknya kondisi klien. Kombinasi kegiatan konseling dengan kegiatan luar ruangan boleh jadi menjadi salah satu alternative bagi pemecahan masalah klien.

Lazimnya, kegiatan-kegiatan konseling dilaksanakan secara individual berformat ruangan. Kegiatan konseling konvensional seperti ini diterapkan oleh konselor dari mana saja dan dari negara apa saja. Bukannya tidak membawa andil positive bagi ketercapaian tujuan konseling berupa terentaskannya masalah klien, model konvensional akan menjadi sedikit terkesan kaku, membosankan dan mungkin menimbulkan asumsi bahwa, kegiatan konseling hanya itu-itu saja jika konselor hanya memanfaatkan kegiatan konseling konvensional seperti ini terus menerus. Oleh Karenanya diperlukan modifikasi terhadap model konvensional ini sehingga kegiatan-kegiatan dalam ruang lingkup konseling lebih variatif. Diharapkan modifikasi yang dilakukan mampu memenuhi tuntutan dan menjawab kebutuhan seiring semakin tingginya tingkat stres yang dihadapi oleh klien dari waktu ke waktu. Dalam hal ini adalah Adventure Based Counselling: kegiatan konseling berbasis petualangan.

A.    Hakikat Adventure Based Counselling (ABC)
ABC juga dikenal sebagai adventure based therapy (AT). Secara sederhana dapat dipahami sebagai kegiatan luar ruangan yang tidak hanya menguji kemampuan dan ketahanan fisik peserta, tetapi juga sekaligus dimaksudkan sebagai terapi yang mengharapkan membaiknya perasaan dan kondisi klien. ABC mengkombinasikan kegiatan petualangan dan terapi.  AT is a therapeutic modality combining therapeutic benefits of the adventure experiences and activities with those of more traditional modes of therapy. Pengintegrasian kegiatan konseling dan petualangan tentunya membawa warna sendiri bagi pelayanan konseling
 
B.     Karakteristik  Adventure Based Counselling (ABC)
Untuk membedakannya dengan kegiatan-kegiatan luar ruangan lainnya, ABC yang mengkombinasikan petualangan dan terapi memiliki  beberapa karakteristik khusus, diantaranya:1) Memiliki format yang bervariasi, 2) Focus pada kelompok, 3) Berorientasi pada proses, 4) Aplikasi yang multi model, 5) Memiliki resiko, 6) menghadapkan peserta pada Lingkungan yang asing, 7) Berorientasi pada tujuan, 8) Berlangsung dalam suasana santa, 9) Adanya relasi yang baik, 10) Membangun kepercayaan, dan 11) Mendapatkan pengalaman.

C.    Tujuan Adventure Based Counselling (ABC)
ABC dipilih karena sumbangan positifnya bagi peserta kegiatan. ABC  menjadi sarana untuk meningkatkan beberapa kemampuan dasar peserta yang mungkin tidak didapatkan melalui format kegiatan konseling konvensional, seperti kemampuan komunikasi, pemecahan masalah serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok. Participation in ABC programs has become increasingly popular in working with adolescents on life skill issues such as communication, problem-solving, and group cooperation (Moote and Wodarski, 1997). Secara rinci goal yang ingin dicapai melalui kegiatan berbasis petualangan ini dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.      Peserta dapat memiliki pemahaman yang baik tentang dirinya,
2.      Peserta memiliki tanggung jawab yang tinggi baik terhadap dirinya maupun orang lain
3.      Peserta dapat memiliki kontrol diri yang baik
4.      Peserta memiliki konsep diri yang baik
5.      Peserta memiliki kemampuan memecahkan masalah, komunikasi dan kerjasama yang baik

D.    Kualifikasi dan Kompetensi Konselor
Tidak semua konselor mampu melaksanakan kegiatan konseling berbasis petualangan. diperlukan kualifikasi dan kompetensi khusus dari seorang konselor untuk dapat dianggap mampu melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan outdoor yang menghadapkan klien kepada hal-hal baru tentunya memerlukan kemampuan mumpuni dari konselornya. oleh karena itu diperlukan usaha pengembangan keterampilan secara terus menerus oleh konselor.^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar